Wanita, Anjing, Keledai membatalkan Shalat?

Muslim, buku 004, nomor 1032

Abu Dharr melaporkan : Rasulullah berkata : “Saat kamu berdiri untuk sholat …….., sholatnya akan berhenti karena lewatnya KELEDAI, WANITA dan ANJING HITAM. Aku berkata : “O Abu Dharr, apa yang membedakan anjing hitam dari anjing merah dan anjing kuning?” ………. Rasulullah berkata : Anjing hitam adalah setan.

Muslim, buku 004, hadis 1034

Abu Huraira melaporkan : Rasulullah berkata : “SEORANG WANITA, SEEKOR KELEDAI DAN SEEKOR ANJING MENGHANCURKAN SHOLAT, tetapi sesuatu seperti bagian belakang pelana menjaganya terhadap hal tersebut.

Sunan Abu Dawud, buku 2, nomor 703

Dikisahkan oleh Abdullah ibn Abbas :
Qatadah berkata : Aku mendengar Jabir ibn Zaid yang melaporkan atas otoritas Ibn Abbas dan Shubah, melaporkan bahwa Rasulullah berkata : “WANITA YANG SEDANG HAID DAN ANJING menghentikan sholat”

Hadis-hadis diatas selalu diposting oleh orang anti Islam. Semata-mata, ingin memberi anggapan bahwa wanita sebanding dengan anjing dan keledai. Benarkah begitu, mari kita kritisi.

Sahih Bukhari Volume 1, buku 9, nomor 487 dan 488:


Diriwayatkan oleh Abu salih As-Samman: Saya melihat Abu Said Al-Khudri berdoa pada hari jum’at, dibelakang sesuatu yang seperti sutra. Pemuda dari bani Abi Mu’ait, ingin melewati Abu Said, tapi Abu Said mendorong pundaknya. Bingung ingin lewat mana pemuda itu lagi-lagi ingin melalui Abu Said. Lagi-lagi Abu Said mendorongnya kali ini dengan dorongan yang lebih keras . Pemuda itu mendamprat Abu Said dan kemudian ia melaporkannya kepada Marwan kemudian Abu Said mengikutinya; lalu Marwan bertanya: “Ya Abu Said! Apa yang terjadi antara mu dan anak dari saudaramu?” Abu Said menjawab,” Saya mendengar Nabi berkata,” Jika siapa saja diantara mu sedang berdoa dan kemudian barang siapa mencoba melaluimu, maka dia harus mendorongnya jika pelewat tetap ingin mencoba melalui mu makagunakan dorongan yang lebih keras, karena dia adalah setan.”

Dari hadis diatas dengan jelas dikatakan doa/shalat terputus jika ada seseorang ingin berlalu didepan orang yang bershalat, Nabi dengan jelas mengatakan: barangsiapa (termasuk pria!). jadi klaiman wanita sebanding dengan anjing dan keledai yang membatalkan shalat adalah tidak benar, yang padahal nabi saw dengan jelas mengatakan “barangsiapa” termasuk pri, juga lihat hadis dibawah ini:

Sahih Bukhari Volume 1, buku 9, nomor489:

Diriwayatkan Busr bin Said: Bahwa Zaid bin Khalid mengirimnya kepada Abi Juhaim untuk menanyakan apa yang ia dengar dari Rasullah saw perihal jika ada seseorang yang lewat didepan orang yang sedang bershalat., Abu Juhaim menjawab, RasulAllah berkata:” Jika seseorang lewat didepan orang yang sedang shalat dan tahu betapa besar dosanya, maka pasti dia akan menunggu 40 hari untuk melewat didepannya.

Tidak ada perbandingan sama sekali antara wanita, anjing dan keledai. Ini kesalahan anggapan sebagian kaum Muslim disaat itu yang menganggap hanya wanita dan anjing yang memutuskan shalat, ini dikarenakan mereka gagal menemui perkataan yang sebenarnya dari Nabi saw berkenaan dengan ini. Dan hebatnya hal ini langsung dibantah oleh Bunda Aisyah ra (istri Nabi saw) lihat Hadis dibawah ini:

Sahih Bukhari,Volume 1, buku 9, nomor 493:

Diriwayatkan Aisyah (ra): Hal-hal yang membatalkan shalat disebutkan mereka dihadapanku: anjing, keledai dan seorang wanita. Aku (Aisyah) berkata: Kalian membandingkan kami (wanita) dengan anjing dan keledai. Demi Allah! Saya melihat Nabi saw biasa shalat ketika aku biasa berbaring di peraduan antara dia dan Qibla. Jika aku ingin sesuatu, aku tidak ingin menyusahkannya (saw). Jadi aku melewat disampingnya (tidak melewat dihadapannya).

Juga hadis-hadis tambahan.

Volume 1, Buku9, nomor 491:

Diriwayatkan Aisyah (ra): Nabi saw biasa bershalat disaat aku sedang tidur dihadapannya. Kapanpun dia (saw) ingin shalat Witr, beliau selalu membangunkanku dan akupun bershalat Witr.

Volume 1, buku 9, nomor 495:

Diriwayatkan oleh Abu Qatada Al-Ansari: Rasullah ketika sedang melaksanakan shalat beliau pun sambil menggendong Umama (ra) putrid Zainab (ra), juga putrid beliau (saw).

Yang terakhir; Bahkan Nabi (saw) pun tidak berkeberatan dengan istrinya yang sedang menstruasi ketika bersebelahan dengannya saat sedang melaksanakan shalat:

Sahih Bukhari, Volume 1, buku 1, nomor 497:

Diriwayatkan Maimuna: Nabi (saw) biasa melaksanakan shalat ketika aku biasa tertidur disebelahnya dimasa mentruasiku dan disaat beliau (saw) sujud pakaiannya menyentuhku.

Jelas sudah terbukti bahwa bukan wanita saja (mens maupun tidak mens) membatalkan shalat ketika wanita berada disekitar seorang yang sedang shalat. Nabi saw dengan jelas mengatakan shalat akan batal jika seseorang ( baik pria, anak-anak, wanita yang sedang mens maupun tidak) berlalu dihadapannya.

————————–

Baca juga:

·        Dalam Islam, bolehkah memaksa kaum wanita untuk kawin?

·        Hukum Waris Wanita Menurut Islam dan Kristen

·        Kebanyakan Penghuni Neraka adalah Kaum Wanita?

·        Wanita, Anjing, Keledai membatalkan Shalat?

·        Kebanyakan Penghuni Neraka adalah Kaum Wanita?

·        Wanita dan Pendidikan Sebenarnya didalam Islam

·        Wanita dan pendidikan yang sebenarnya:

·        Pria dan Wanita Muslim mempunyai hak untuk memperoleh Pendidikan didalam Islam.

·        Kesetaraan antara pria dan wanita dalam Al-Quran oleh Tariq Al Swaidan:

Busby SEO Test

One thought on “Wanita, Anjing, Keledai membatalkan Shalat?

  1. Ping-balik: Books Through Bars

Komentar ditutup.